14 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh – Manfaat jahe untuk kesehatan sebenarnya ada banyak tapi yang paling dikenal adalah untuk menghangatkan tubuh. Untuk itu supaya Anda bisa mengenal lebih jauh apa saja manfaatnya. Artikel ini akan membahasnya untuk Anda. Jahe punya rasa pedas yang sangat dominan. Akan sangat terasa di tenggorokan ketika meminum ramuannya. Rasa pedas atau panas tersebut berasal dari senyawa zingeron. Banyak orang yang sudah sering mengonsumsi jahe untuk lebih menyegarkan maupun menghangatkan tubuh. Namun selain itu masih banyak manfaat jahe untuk kesehatan. Di bawah ini ada pembahasannya mengenai manfaat-manfaat jahe.

Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Khasiat Jahe untuk Kesehatan Tubuh

  1. Menghilangkan Kembung

Jika Anda merasa perut kembung juga nyeri bisa mengonsumsi jahe. Oleh karena punya manfaat untuk mengobati gangguan berupa iritasi usus maupun pencernaan.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Di dalam jahe ada kandungan gingerol yang bisa mencegah penggumpalan darah. Oleh karena masalah itu menjadi penyebab paling utama dari serangan jantung juga stroke. Untuk mengatasinya tentu harus membuat peredaran darah menjadi lancar.

  1. Batuk dan Demam

Oleh karena rasa pedas atau panas pada jahe inilah yang bisa menyembuhkan batuk. Mengonsumsi jahe akan lebih aman dibandingkan dengan minum obat-obatan kimia. Anda bisa coba membuat ramuan jahe dicampur gula merah dan air. Selain rasanya enak bisa juga meredakan sakit itu.

  1. Mengobati Migrain

Faktor yang membuat sakit kepala adalah prostaglandin. Dengan mengonsumsi jahe bisa mengentikan faktor tersebut.

  1. Mengurangi Tekanan Darah

Jahe punya manfaat untuk melepas hormon adrenalin juga membuat pembuluh darah menjadi lebar. Makanya darah bisa jadi lancar dan tidak akan menjadi tekanan darah yang bisa berbahaya.

  1. Mencegah Perut Buncit

Jika sebelum makan Anda mengonsumsi jahe maka perut buncit bisa dicegah. Hal itu terjadi karena jahe punya manfaat untuk melancarkan pencernaan dan metabolisme dalam tubuh. Dengan peningkatan pada metabolisme itu pembakaran kalori bisa lebih cepat.

  1. Obat Saat Mabuk Perjalanan

Jika Anda sering merasakan mual atau mabuk perjalanan maka harus mengonsumsi minuman jahe. Kandungan di dalamnya bisa mengurangi mual juga menyembuhkan jet lag.

  1. Mengobati Jerawat

Untuk mencegah maupun mengobati jerawat Anda bisa menggunakan jahe. Caranya dengan mengonsumsinya sekitar 4 gram per hari. Jangan sampai kebanyakan karena bisa membuat diare atau iritasi.

  1. Membuat Menstruasi Teratur

Tidak semua wanita mengalami siklus menstruasi yang teratur, jika Anda termasuk yang seperti itu perlu mengonsumsi jahe. Campur menggunakan gula merah, dan teh. Selain membuat siklus menstruasi teratur juga untuk mengurangi rasa kram ketika haid.

  1. Mengobati Sakit Gigi

Manfaat jahe untuk kesehatan pastinya jarang diketahui. Padahal sakit gigi termasuk yang sering menyerang juga. Jahe punya sifat anti bakteri dan anti jamur yang bisa membuat rasa sakit hilang.

  1. Menurunkan Berat Badan

Di dalam jahe, kandungan kalori yang dimiliki sangat sedikit makanya bisa menurunkan berat badan. Jika setiap hari Anda mengonsumsi wedang jahe maka akan sangat baik untuk kesehatan.

  1. Menghilangkan Morning Sickness

Biasanya ini terjadi pada wanita hamil. Gejalanya adalah merasakan mual ketika pagi hari. Cara untuk menyembuhkannya salah satunya menggunakan jahe.

13.Menghilangkan Alergi

Alergi termasuk penyakit yang kadang membuat nyeri makanya harus segera diobati. Jahe adalah salah satu obat terbaiknya.

  1. Mencegah Sel Kanker

Di dalam jahe ada nutrisi yang sangat berguna untuk mencegah berkembangnya sel kanker pada tubuh. Jadi ada baiknya Anda sering mengonsumsi jahe supaya lebih sehat.

Itulah dia 14 buah manfaat jahe untuk kesehatan selain untuk menghangatkan tubuh.

14 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh | Khisma Nisa Yuniar | 4.5