Khasiat dan Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan – Daun peggagan oleh nenek moyang terdahulu sering digunakan sebagai obat tradisional. Daun pegagan atau yang dikenal dengan antanan ini berasal dari Indonesia dimana tanaman ini tersebar di beberapa daerah seperti Halmahera, Bugis, Makassar, dan Jawa. Sebutan untuk daun ini juga beragam ada yang menyebutnya dengan nama kori-kori, kerok batok, tungke, dan pagaga. Tanaman yang hidup di tanah yang lembab dan di sawah ini memiliki nama latin Centella asiatica (Linn).

Apa Saja Sih Manfaat Daun Pegagan?

Terkenalnya daun pegagan ini sering menimbulkan pertanyaan bagi orang-orang di sekitar. Karena nenk moyang kita terdahulu sangat “mengagungkan” daun ini untuk sebuah pengontan dan kecantikan. Dan berikut manfaat daun pegagan yang perlu Anda ketahui.

  1. Untuk Mengatasi Penyakit Ayan

Penyait ayan atau epilepsi adalah suatu penyakit yang menyerang sistem syaraf otak manusia karena sel neuron yang bekerja secara berlebihan sehingga menyerang otak dan mengakibatkan orang tersebut kejang-kejang. Kambuhnya ayan ini bisa terjadi karena tekanan, stres, ataupun rendahnya pasokan oksigen pada kepala.

daun-pegagan-3

Manfaat Daun Pegagan

Untuk menyembuhkannya bisa menggunakan daun pegagan cara menggunakannya adaah sebagi berikut :

  • Siapkan gula aren dan daun pegagan kering. Daun kering tersebut biasanya tersedia di toko obat tradisional.
  • Hancurkan daun dan gula aren sampai halus
  • Siapkan air panas yang telah dimasak kemudian campurkan dengan bahan di atas
  • Minum secara teratur minimal satu hari sekali.
  1. Untuk Menyembuhkan Penyakit Maag

Penyakit maag merupakan sebuah penyakit yang menyerang bagian lambung disebabkan ada peradangan ataupun luka yang mengakibatkan perih, mual, mulas, dan sakit pada perut. Terjadinya penyakit ini disebabkan oleh kurangnya asupan makanan yang tidak teratur sedangkan lambung setiap waktunya terus bekerja untuk menggiling makanan.

Untuk menyembuhkannya Anda bisa menggunakan daun pegagan cara pemakaiannya adalah sebagai berikut :

  • Siapkan 5 gram daun pegagan yang dicampur dengan bahan lain seperti 5 gram daun sembung, 3 gram jinten, 10 gram falerian, dan 1 gram pepaya.
  • Campurkan semua bahan tersebut di dalam air yang mendidih kemudian air rebusan tersebut bisa Anda minum untuk mengobati maag. Untuk meminumnya lakukan sehari sekali.
  1. Untuk Menyembuhkan Penyakit Tipes

Penyakit tipes ini disebabkan karena adanya infeksi pada usus halus.Bakteri tersebut bernama salmonella typhi yang dapat membuat tubuh menjadi lemas. Untuk menyembuhkan pakailan daun pegagan yang dicampur dengan bahan 5 batang tapak liman dan ½ jintan hitam. Dimana pengolahannya dengan merebus semua bahan di atas dan minumlah air rebusan tersebut sehari sekali.

  1. Untuk Mengobati Bisul

Bisul merupakan bintik atau benjolan berwarna merah yang berisi nanah terjadi karena baktr yang ada di daerah  tubuh seperti paha, kaki, pantat, dan lainnya. Cara mengatasinya bisa menggunakan daun pegagan dengan cara direbus dan diminum air rebusannya atau daunnya ditempelkan pada bisul.

Itulah manfaat daun pegagan untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Incoming search terms:

  • daun kerok b
  • daun kerok batok
  • pegagan
Khasiat dan Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan | Sundus Afifah | 4.5