14 Manfaat Okra Hijau dan Merah untuk Kesehatan

14 Manfaat Okra Hijau dan Merah untuk Kesehatan – Okra, apakah Anda pernah mendengar nama sayuran ini? Di Indonesia memang kurang dikenal tapi di beberapa negara seperti Afrika, Filipina, Srilanka, Arab, dan negara-negara di Benua  Eropa dan Amerika sayuran ini banyak digunakan. Artikel ini akan membahas manfaat okra untuk kesehatan.

Okra punya banyak kandungan yang bermanfaat untuk tubuh. Sebut saja glutation, asam linoleat, asam lemak tidak jenuh, dan lain sebagainya. Agar Anda mengetahui apa saja manfaatnya, di bawah ini ada daftar manfaat okra untuk kesehatan.

Manfaat Okra untuk Kesehatan

Khasiat Okra Hijau dan Merah untuk Kesehatan

  1. Memperbaiki Proses Pencernaan

Dalam okra terdapat banyak serat yang berguna untuk melancarkan pencernaan.

  1. Menurunkan Jumlah Kolesterol Jahat

Kolesterol yang jahat akan membuat tubuh menjadi rentan terhadap berbagai penyakit. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menurunkannya adalah mengonsumsi okra.

  1. Meningkatkan Metabolisme Energi

Dalam okra terdapat kandungan magnesium dan mangan yang membantu produksi enzim. Magnesium akan menjadi katalisator terhadap berbagai reaksi biologi dalam tubuh. Inilah yang punya peran penting bagi metabolisme tubuh.

  1. Menjaga Keseimbangan Tubuh

Kandungan dalam okra yang bermanfaat untuk ini adalah vitamin B-6, niacin, asam pantotenat, dan thiamin.

  1. Menguatkan Gigi dan Tulang

Tulang dan gigi bisa diperkuat dengan mengonsumsi makanan ini. Oleh karena di dalamnya terdapat kandungan vitamin K. Fungsinya adalah untuk menghambat pembekuan darah. Ada juga kalsium yang punya manfaat sama.

  1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Dengan rutin mengonsumsinya bisa membantu untuk mendapatkan kekebalan tubuh yang baik. Dengan begitu tubuh tidak akan mudah terserang penyakit. Radikal bebas jadi sulit untuk masuk ke dalam tubuh. Semuanya bisa dikerjakan oleh vitamin C yang ada pada okra.

  1. Mengurangi Risiko Cacat Janin

Manfaat okra untuk kesehatan  ini bisa terjadi karena adanya asam folat. Dalam 100 gram okra ada 22 persen jumlah RDA.

  1. Mencegah Kanker Mulut

Antioksidan yang terdapat pada okra bisa mencegah terjadinya kanker mulut ini. Konsumsi secara teratur untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

  1. Menyehatkan Kulit dan Mata

Kandungan vitamin A yang ada dalam sayuran ini sudah dikenal bisa membantu kesehatan mata supaya tetap terjaga. Selain itu bisa juga membuat selaput lendir yang penting untuk kesehatan kulit bekerja dengan baik.

  1. Melindungi Kesehatan Paru-pary

Di dalam okra terdapat banyak nutrisi yang penting sekali untuk tubuh. Contohnya adalah flavonoid yang menjadi antioksidan bercampur dengan xanthin, beta karoten, dan lutein yang bisa menjaga kesehatan paru-paru.

  1. Mencegah Sembelit

Di dalam sayuran ini terdapat zat lendir yang penting sekali untuk melancarkan pencernaan sehingga mampu mencerna makanan dengan lebih baik.

  1. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan memang sesuatu yang lumayan sulit dilakukan. Untuk berhasil melakukannya perlu banyak mengonsumsi makanan rendah kalori. Nah, okra ini punya jumlah kalori  yang sangat kecil. Selain itu punya kandungan lain yang penting untuk menjaga berat badan seperti mineral, serat, dan vitamin. Jadi tubuh bisa cepat kenyang tanpa perlu makan terlalu banyak.

  1. Mengurangi Risiko Sakit Jantung

Antioksidan dan serat dalam makanan inilah yang akan menjaga kinerja jantung sehingga lebih baik. Selain itu ada juga kandungan quercetin, procyanidin, dan epicatehin yang fungsinya sama.

  1. Mengobati Diabetes

Okra mampu membuat tubuh tidak terlalu banyak menyerap glukosa. Sehingga kadar gula darah bisa berkurang, sakit diabetes pun bisa disembuhkan kecuali untuk yang sakit turunan.

Demikianlah apa saja yang menjadi manfaat okra untuk kesehatan. Namun sayang sekali di Indonesia tidak terlalu banyak yang mengonsumsinya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Incoming search terms:

  • khasiat dan manfaat buah okra?
  • manfaat okra bagi kesehatan
14 Manfaat Okra Hijau dan Merah untuk Kesehatan | Khisma Nisa Yuniar | 4.5